LIQO GABUNGAN DPC PKS SUKAJADI

RESUME LIQO GABUNGAN

bersama : dr. Doni

Dalam menambah wawasan di kalangan kader Sukajadi, DPC PKS Sukajadi pada hari ahad, 8 Nopember 2015 melaksanakan Liqo gabungan yang bertempat di gedung Graha Sejahtera jl H. Yasin 36 Kota Bandung. Tema yang diusung kemaren seputar Kesehatan dengan pembicara dr. Doni.

Diawal pembicaraan dr. Doni mengajak kader supaya dalam mencapai tubuh yang sehat yang perlu kita miliki adalah ilmunya dulu. Banyak sandaran soal kesehatan dalam alquran, yang salah satunya terdapat dalam Qs. Almuddatsir ayat 4: “Dan pakaianmu bersikanlah”. Kandungan dalam ayat tersebut, sangat universal dan bisa digunakan untuk kalangan medis.

Menurut dr doni, bahwa sehat adalah sebuah kondisi dimana baik dari pikiran, rohani dan jasmani yang disertai produktifitas.
Beliau mencontohkan bagaimana Rosululloh adalah orang yang kuat dalam segala hal baik kuat dalam fisik dan juga pikiran (rohani).
Kekuatan fisik Rasulullah yg kuat ini sempat dibuktikannya dengan
Bergulat dg calon sahabat sampai 3 kali. Karena si calon sahabat tersebut membuat persyaratan mau masuk islam asal rosul mau mengalahkan bergulat sampai 3 kali dan dengan kekuatan nya orang tersebut dapat dikalahkan.

Banyak hal yang didapatkan bila fisik kita kuat, yang diantaranya bisa melakukan rutinitas ibadah kita lancar dan benar serta lebih khusu.
Dalam hal ini beliau memberi ilustrasi dengan kisah seorang pasiennya yang masih muda dan berada di usia produktif yaitu umur 35 tahun.
Tapi karena memiliki kadar asam urat tinggi hingga di angka 12 dan berakibat rasa sakit yang teramat sangat di jempol kaki kanannya, sehingga posisi tahiyat akhirnya tidak sempurna.

Prilaku sehat perlu diawali dari mind set secara rohani dan mind set secara fisik.
Sangat berpengaruh terhadap kesehatan terutama dalam pola makan, pola hidup, di lingkungan mana kita hidup sampai sirkulasi udara di sekitar kita.

Beliau juga mengingatkan bahwa dalam hal penanganan dikala sakit jangan sampe terlambat. Pertolongan pertama dengan cara tradisional bisa dilakukan hanya untuk sementara saja. Dan bila sakit berlanjut penanganan ke dokter harus dilakukan. Oleh karena itu, diharapkan kader memiliki kotak P3K dirumah dan ketahuilah insyaallah berbuah pahala dengan membeli peralatan tersebut di rumah. Sediakan minimal parasetamol, oralit, obat merah dan perlengkapan P3k lainnya. Hal ini sangat sederhana tapi besar sekali manfaatnya.
Setelah melakukan pertolongan pertama, lanjutkan pengobatan dengan proses yang benar.

Selanjutnya dr. Doni menyampaikan akan pentingnya imunisasi. Terkait isu yang melebar saat ini tentang dampak dan bahan vaksin imunisasi yang ada enzim babinya. Hal ini membuat masyarakat bahkan dikalangan kader sendiri menjadi enggan melakukan imunisasi buat anaknya.

Imunisasi ada dua jenis ;
1. Imunisasi pasif yaitu dengan memberikan asi.
Dengan memberikan Asi terhadap bayi hal ini bisa berefek terhadap kekebalan tubuh menjadi lebih baik.Hanya saja sifat dari imunisasi pasif ini berlaku sebentar.

2. Imunisasi aktif
Karena sifat imunisasi pasif sebentar maka imunisasi yang aktif perlu diberikan karena sifat imunisasi tersebut berlangsung lama.
Dalam membahas imunisasi aktif tersebut dr. Doni merujuk ke blog dokter piprim. Di blog drpiprim.blogspot.com dijelaskan bagaimana sejarah dan hal ikhwal yang menyangkut imunisasi.

PENGAJIAN AHSANU AMALA

Bagi yang haus ilmu, selain liqo gabungan pagi harinya. Sore harinya secara rutin tiap ahad ada kegiatan Majelis Taklim Ahsanu Amala di masjid Pusdai jalan diponegoro Kota Bandung yang merupakan kerjasama Yayasan Amal terbaik,Pusdai dan Ikadi.

Pemateri sore kemarin, ahad, 8 november 2015 adalah ustadz abu syauqi (Pendiri Rumah Zakat) Dengan tema ” Membangun Kekuatan Umat bag:2″

Dalam tausiyahnya abu memaparkan terdapat Dua pilar yg dimusuhi oleh musuh islam ;
1. Ekonomi
2. Kekuasaan

Abu menukil ungkapan imam ibnu taimiyah yang menyatakan “bahwa negara dan agama sungguh saling berkaitan, kekuasaan negara yang bersifat memaksa jika dipegang bukan orang beriman maka agama berada dalam bahaya”.

Dalam bidang ekonomi musuh islam sangat menginginkan kalau masyarakat muslim itu harus miskin agar tidak berdaya.
Oleh karena itu fondasi ekonomi seorang muslim harus dibikin kuat dengan semangat menegakkan Agama Allah.
Abu mengingatkan bahwa dalam berbisnis jangan semangat mencari uang, tapi semangat menegakkan agama Alloh dg semangat yg baru yang harus terbangun menjadi sebuah mind set.

~> Seorang muslim jangan pantang menyerah dalam menggapai hasrat untuk membuat ekonomi kuat. Niat yang tulus dengan semangat menegakkan Agama Allah maka jalan terbentang luas.

Penyakit yang terjadi pada umumnya adalah momok kegagalan. Sehingga banyak yang beranggapan kalau gagal berada di selatan maka sukses berada di utara. Padahal gagal dan sukses adalah rangkaian dalam satu jalan. Semua akan terlewati dan harus dihadapi.

Abu juga memberikan contoh orang terkenal dunia yang justru banyak gagalnya yang kemudian mengalami kesuksesan.
Albert einstein yang dikenal manusia jenius dengan kapasitas IQ 200 lebih, justru dia seorang yang kurang beruntung dalam pemikirannya sehingga gagal masuk perguruan tinggi. Tapi setelah gagal albert einstein mempelajari bagaimana susunan otak dan cara kerjanya sehingga pasca mempelajari hal tersebut, akhirnya dia berubah bahkan menjadi orang jenius dengan IQ diatas rata rata.

Selain Albert, abu juga bercerita bagaimana tokoh yang sukses lain yang berangkat dari banyaknya kegagalan. Abraham lincoln, F.keneddy, Alfa edison, kolonel sanders dan tokoh besar dunia lainya. Abu sengaja memberikan contoh non muslim tidak bermasud apa-apa hanya buat tambahan pemikiran jamaah tentang pentingnya membangun kepercayaan diri yang disertai kegagalan.

Sukses dan GAGAL itu satu arah, karena kegagalan bagian dari sukses.
Kelumpuhan orang berpikir terletak pada takut kegagalan.
Inilah yang harus dibangun pada pribadi muslim. Dan tak lupa selalu membuat plan dalam meraih tahap-tahapnnya. Disertai langkah yang konsisten dan kongkrit.

Abu juga menyinggung bahwa di era informasi sekarang ini orang dengan mudah mendapatkan ilmu. Tapi ilmu saja tidak cukup karena yang terpenting adalah semangat, tekad dan kepribadian.

Membangun mind set bhw kita akan sukses selalu dihadirkan setiap saat.

Tiga masa yang sudah dilalui yaitu :
1. Era pertanian …. Manusia bertani
2. Era industri…. manusia bekerja
3. Era informasi…. manusia berbisnis

“Hanya orang yang mengalami kegagalan besar-besaran yang akan mendapatkan kesuksesan besar-besaran” ( F.kennedy)

Apa yg harus kita lakukan agar kita survive dlm berbisnis ?
(tema bulan depan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *